Friday, March 18, 2011

KERJAKAN SAJA SEKARANG !!


Hai…ketemu lagi dengan saya. Bebarapa hari ini  cuaca jogja sangat panas. Butuh stamina yang cukup ekstra buat menjalani hari-hari penuh tugas. Maklum, kalau cuaca seperti gini,biasaya setelah makan siang, bawaanya kepingin tidur melulu. Bagaimana kabar anda ? semain produktif ?pasti donk, ga mungkin ga produktif..apalgi anda masih sempat surfing blog seperti morfosa.blogspot.com. hitunghitung buat re-charge semangat. Hap!!!


Ok...saya ada pengalaman bagus buat di share disini. Tetap focus di topic produktivitas kerja. Sebagai arsitek disebuah perusahaan konraktor swasta, bulan januari s/d maret umumnya adalah masa sepi proyek. Setelah bulan desember banting tulang mengejar deadline proyek-proyek pemerintah, sekaranglah saatnya bergelut dengan proyek-proyek swasta. Tidak mengenal istirahat. Sudah pasti sangat melelahkan. Masalah inilah yang akan saya bahas. “Bagaimana caranya mengerjakan lebih banyak pekerjaan”.

Solusi saya sangatlah simpel, tapi terbukti menghasilkan. Prinsip pertama yang saya pakai adalh : lakukan saja sekarang. Ya, memang hal yang paling sulit di setiap pekerjaan adalah mengambil langkah pertama. Biasanya kita terlalu lama membuat perencanaan, terlalu banyak persiapan ini dan itu, kebanykan cari datalalu diolah. Itu semua memang perlu, tapi itu bisa dilakukan sambil jalan. Mengapa ? karena, jika kita telah mengambil langkah pertama, percayalah pikiran dan ide kita akan segera mengalir. Tapi, kalau kita terlalu lama berkutat dalam persiapan, otak kita lama-lama bisa buntu, dan biasanya hasilnya...kita sudah terlanjurlelah sebelum bertindak.

Kedua, tetapkan target pekerjaan anda secara konkret. Karena dengan demikian, anda dapat menilai apakh tugas anda telah selesai atau belum. Kalau anda tidak tidak menetapkan target, bisa-bisa anda tidak akan pernah merasakan kepuasan batin dari jerih payah anda. Bagi saya, menggambar rangka atap sebuah rumah lengkap dengan gambar detilnya,sudah merupakan target yang kongkret.
Yang ketiga, tetapkan saja deadline untuk setiap pekerjaan. Bagi saya, menggambar rangka atap sebuah rumah, saya patok 2 jam harus sudah selesai. Deadline menjadi penting disini, karena begitu kita sudah menetapkan deadline nya, kita akan merasa gemes (bergairah) untuk menyelesaikannya segera. Ini menjadi sebuah energi tambahan bagi kita dalam bekerja.

Yang keempat, kalau deadline sudah habis dan pekerjaan belum selesai, segeralah tinggalkan pekerjaa itu selama 5 menit dan kerjakan aktivitas santai lainnya, seperti membuat secangkir teh hangat, atau bercanda dengan teman satu divisi. Yang penting, saat anda kembali mengutak-atik pekerjaan tadi, pikira da hati anda sudah segar.
Cobalah, saya yakin hasilnya akan segera anda nikmati. Anda bisa merasakan kerja menjadi lebih asik, lebih cepat, dan pastinya waktu anda bersama keluarga menjadi lebih banyak.
Mungkin anda ingin menambahkan ide saya di atas...silakan comment  di sini...

1 comment: