Thursday, March 17, 2011

KARTU SAKU 4 x 6 cm

Bad Mood n Blank di pagi hari. ?! ouw, mungkin tidak cuma saya yang terjangkiti “penyakit” yang satu ini. Terlebih di saat-saat peak time proyek konstruksi. Bahkan saat tidur pun, beban tugas-tugas berat itu seperti terus membuntuti, menuntut penyelesaian. Haha…tapi begitulah dunia kerja. Ga asik kalau ga ada pusingnya.

Ada saat dimana saya merasa bingung “apa yang akan saya kerjakan dulu hari ini ?”, “bagaiamana strateginya supaya semua pekerjaan ini selesai tepat waktu dan sesuai order ?”. Saya pernah mengabaikan pertanyaan ini, dan langsung mengerjakan pekerjaan yang ada di depan mata. Tapi hasilnya, otak saya terasa kusut. Memang, pekerjaan yang saya urus hari itu bias selesai sesuai order. Tapi ternyata, otak saya terasa berat dan kusut, sehingga membuat tidur malam saya dibayang-bayangi pertanyaan “setelah ini, tugas mana yang mau kau kerjakan besok ?”, “apa kamu yakin pengaturan tugasmu ini sudah benar, jangan-jangan…?”. Huh…bangun-bangun, yang saya rasakan adalah CAPEk !! Ya, capek secara mental alias cape ati alias bad mood. Selanjutnya, besok paginya saya mengerjakan tugas dengan perasaan negative ini, tentu saja bekerja jadi sangat lamban.

Kejadian ini berlangsung sampai beberapa bulan, sampai akhirnya saya merasakan eneg, dan mengambil keputusan untuk ambil jalan keluar. Di hari minggu yang santai, saya iseng membaca buku-buku manajemen waktu.  Lalu saya dapatkan sebuah ide di situ. Idenya sederhana : BUATLAH BUKU RENCANA KERJA ukuran 4 cm x 6 cm, yang mudah untuk dimasukkan ke saku baju. What ? Cuma gitu solusinya. Ya ga donk. Begini, buku ini fungsinya sebenranya sama dengan buku agenda yang berukuran standar. Hanya saja terdiri dari 7 lembar, yang berisi rencana kegiatan selama 7 hari ke depan. Pertama, saya harus menentukan target bulan ini. Setelah target bulan ini saya tetapkan, saya diminta untuk menulis target tiap minggunya. Lalu target tiap minggu itu dijabarkan lagi ke dalam kegiatan harian. Dan perlu dicatat, semuanya itu tidak bole hanya diingat-ingat, melainkan harus saya tulis di kertas kecil berukuran 4 x 6 cm tadi. Dan singkat cerita, selesailah saya mengikuti saran di buku itu.

Besok pagi, di hari senin, saya lakukan apa yang saya tulis di buku saku saya tadi untuk hari ini. Memang benar, tidak mudah untuk untuk menyelesaikan semua daftar tugas di hari senin ini. Tapi saya coba terus. Dan dari 3 tugas, saya selesaikan 2 tugas. Sisanya saya masukkan ke daftar tugas untuk hari selasa. Begitulah seterusnya, sampai hari sabtu sore. Ternyata di sabtu sore, saya hanya menyisakan 1 tugas yang belum terselesaikan,  Tapi memang benar, semua teknik memiliki efeknya sendiri-sendiri. Saya merasakan kepuasan batin melihat jerih payah saya di 6 hari ini. Pikiran saya sudah tidak lagi kusut, dan saya bias tidur dengan jauh lebih tenang karena saya yakin pengaturan rencana kerja saya sudah cukup baik. Dan apa saja yang saya rencanakan untuk bulan ini sudah saya pertimbangkan, saya atur, dan tulis dengan baik. Sehingga pikiran bisa saya gunakan untuk berpikir kreatif mengenai hal lainnya. Hey, ternyata lebih baik otak kita digunakan untuk berpikir, bukan mengingat (menghafal) !!
Mungkin anda punya problem mirip seperti cerita saya tadi ? Tapi solusi anda berbeda ? Ayo donk share dengan teman-teman kita. Silakan comment di bawah ini ya...

No comments:

Post a Comment